4 Alasan Kenapa Orisinalitas Itu Penting di Industri Kreatif

Di dunia industri kreatif yang serba cepat dan penuh dengan banyak inovasi baru setiap harinya, orisinalitas menjadi sebuah kewajiban yang sering diutamakan. Menjadi orisinal itu keren loh, GenK. Nih kami kasih beberapa alasan kenapa orisinalitas itu penting.

Menghasilkan suatu karya orisinal merupakan sebuah kebanggaan tersendiri yang menjadi pertanda kemampuan diri yang unggul. Di bidang apa pun itu, mulai dari olahraga, teknologi, pendidikan, dan tentunya industri kreatif, orisinalitas merupakan emas yang tidak ternilai harganya. Makanya, yuk simak alasan pentingnya jadi orang yang orisinal di bawah ini.

1. Pekerjaan Jadi Lebih Menyenangkan dengan Orisinalitas 

orisinalitas 1

Ilustrasi pekerjaan yang menyenangkan (sumber: pexels.com)

Pernahkah kamu sampai pada tahapan dalam pekerjaanmu di mana segalanya terasa membosankan? Jenuh dengan rutinitas harian yang itu-itu saja? Jemu akan siklus kerja yang terus berulang hari demi hari tanpa ada hal baru yang menyenangkan?

Orisinalitas merupakan jawaban dari segala kegundahanmu, GenK. Membuat sesuatu yang asli hasil dari jerih payahmu sendiri bisa menjadi hal yang menyenangkan. Kamu tidak akan terikat dengan cara-cara lama dan selalu berpikir ke depan untuk membuat inovasi-inovasi terkini yang belum pernah ada sebelumnya.

Waktu yang kamu habiskan di tempat kerja akan jadi saat-saat yang kamu tunggu setiap harinya. Karena dari sanalah kamu bisa mulai menempa ide-ide hebat dan menemukan hal luar biasa yang tersembunyi dalam relung benak dan pikiranmu.  

“Bisa apa lagi yah?”

Hmmm, kalau misalnya gini, nanti hasilnya menjadi seperti ini… “

Pertanyaan-pertanyaan seperti di atas akan memenuhi otakmu dan menantangmu untuk menemukan jalan baru dalam melakukan pekerjaan. Jadi akan selalu ada hal baru yang menyenangkan menunggumu di tempat kerja.

2. Menjadi Unik dengan Ide Sendiri

orisinalitas 2

Be unique, be original (sumber: talkroute.com)

Bersama tidak harus selalu sama. Di dunia yang dipenuhi dengan hal-hal biasa, kamu harus bisa menjadi hal luar biasa dan berbeda dengan yang lainnya. Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru dengan menantang metode konvensional yang kamu pegang selama ini.

Semua orang pasti punya ciri khas dan keunikannya masing-masing yang menjadikan setiap individu itu istimewa, termasuk kamu, GenK. Untuk bisa menciptakan sesuatu yang orisinil, kamu mesti belajar cara berpikir kreatif untuk membantumu membuat karya-karya yang punya keunikan tersendiri. 

Cara berpikir kreatif bisa kamu latih loh, GenK. Ada berbagai metode yang dapat kamu tempuh untuk mengasah otakmu agar dapat berpikir secara kreatif, salah satunya adalah dengan belajar skill kekinian yang namanya design thinking. Kamu bisa langsung menyimak pembahasan selengkapnya di post kami sebelumnya.

Bebaskan imajinasimu untuk berkembang dan menemukan ide-ide baru yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan menjadi unik, kamu dapat stand out dari keramaian dan menunjukan potensi lebih baik dari para pesaingmu.

3. Orisinalitas vs Imitasi 

orisinalitas 3

Orisinal vs imitasi (sumber: unsplash.com)

Topik yang sering ramai diperdebatkan dalam industri kreatif apalagi kalau bukan imitasi. Kata ini merujuk pada kegiatan yang dilakukan oleh seseorang guna meniru suatu hasil pekerjaan atau ide yang dimiliki oleh orang lain. Tapi apakah imitasi selalu memang selalu salah?

Pada dasarnya proses imitasi merupakan suatu yang kerap kali dilakukan oleh banyak orangdalam berbagai macam hal. Bukan cuma di dunia kerja, setiap manusia telah punya naluri untuk mengimitasi sejak masih kecil, yaitu dengan menirukan apa yang dilakukan oleh orang tua, dan siapa pun yang berada di sekitarnya.

Imitasi dapat terjadi saat seseorang menirukan berbagai macam hal yang dilihat atau ditemukannya dari orang lain. Bisa berupa ide, gagasan, hasil pekerjaan, gaya, sampai kebiasaan pun bisa diimitasi oleh siapa saja dan di mana saja.

Orisinalitas seringkali dikaitkan sebagai kebalikan dari imitasi dan menyebabkan persepsi negatif yang muncul pada kata ini. Padahal faktanya tidak selalu demikian loh. Imitasi sebagai sifat alamiah manusia merupakan bagian dari kita untuk belajar.

Dengan mengamati apa yang dilakukan oleh orang lain, kamu bisa belajar hal baru dan mencari cara untuk menyempurnakan kekurangan dan meningkatkan kualitasnya menjadi lebih baik. Namun, yang mesti diperhatikan dari proses imitasi adalah bagaimana cara kamu menggunakan informasi tersebut.

Cobalah untuk menganalisa kunci penting dalam sebuah produk atau cara yang dilakukan oleh orang lain. Bagian manakah yang sudah terbukti bekerja dengan baik dan bagian manakah yang masih perlu perbaikan? Adaptasi hal baiknya, lalu sempurnakan dengan ide orisinil kamu sendiri.

4. Tantangan untuk Diri Sendiri 

orisinalitas 4 orisinalitas 4

Ilustrasi tantangan diri sendiri (sumber: unsplash.com)

Selain bisa menjadi penyemangat untuk pekerjaan, orisinalitas adalah salah satu tantangan yang dapat membantumu mencapai banyak hal. Kamu pasti sering mendengar dong istilah “zona nyaman” dalam dunia pekerjaan? Hayo, buat yang aktif mengikuti diskusi seputar work life pasti tahu nih.

Zona nyaman merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk ke berbagai suasana dan tempat yang membuat seseorang nyaman. Contohnya seperti tempat kerja, tanggung jawab, kemampuan individual, dan hal-hal lain terkait dengan self-development.

Nah, salah satu cara untuk dapat mengembangkan kapasitas diri dan meningkatkan kemampuan secara profesional adalah dengan keluar dari zona nyaman. Setiap orang punya zona nyamannya masing-masing yang berbeda dengan orang lain.

Untuk bisa bergerak maju, khususnya di industri kreatif, kamu harus terus mendorong diri sendiri untuk dapat menciptakan inovasi-inovasi baru dalam melakukan pekerjaan. Dengan mengedepankan orisinalitas, kamu akan selalu tertantang untuk mencari jalan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

DITULIS OLEH

Sumber : https://kreativv.com/creativepreneur-career/orisinalitas/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Seminority Selfmade

Handmade Crafter

Close

Sign in

Close

Cart (0)

Cart is empty No products in the cart.

Seminority Selfmade

Handmade Crafter



Currency


Need Help?